Unnes Journal of Mathematics Education
Vol 2 No 1 (2013): Unnes Journal of Mathematics Education

KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN SOMATIS AUDITORI VISUAL INTELEKTUAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA

Lorinda, Lora (Unknown)
Susilo, Bambang Eko (Unknown)
Kusni, Kusni (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2013

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) keefektifan model pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) berbantuan CD Pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi matematika; dan (2) mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap kemampuan komunikasi matematika. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, angket dan tes. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MA Al Asror Gunungpati tahun pelajaran 2011/2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan komunikasi matematika peserta didik  kelas eksperimen sebesar 68,46 dan kelas kontrol sebesar 64,32. Dari uji proporsi, peserta didik kelas eksperimen mencapai ketuntasan belajar klasikal. Berdasarkan uji kesamaan rata-rata, kemampuan komunikasi matematika kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Pada uji anava, ada interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar dengan kemampuan komunikasi matematika peserta didik. Simpulan yang diperoleh adalah model pembelajaran SAVI berbantuan CD Pembelajaran lebih efektif terhadap kemampuan komunikasi matematika dan ada interaksi model pembelajaran dan gaya belajar peserta didik terhadap kemampuan komunikasi matematika.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

ujme

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Unnes Journal of Mathematics Education (UJME) publishes research issues on mathematics education. The UJME processes manuscripts resulted from a research in mathematics education scope, which includes, but is not limited to the topics of didactic development research (DDR), research and development ...