Unnes Journal of Mathematics Education
Vol 2 No 1 (2013): Unnes Journal of Mathematics Education

EFEKTIVITAS METODE DRILL BERBANTUAN “SMART MATHEMATICS MODULE” TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Ariska, Mega (Unknown)
Asikin, Mohammad (Unknown)
Arifudin, Riza (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran menggunakan metode drill berbantuan “Smart Mathematics Module” dapat mencapai ketuntasan belajar siswa pada kemampuan pemecahan masalah dan untuk mengetahui apakah rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan metode drill berbantuan “Smart Mathematics Module” lebih dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan metode ceramah berbantuan LKS. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Teuku Umar Semarang tahun pelajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Sebagai kelas kontrol terpilih kelas XI AP 1 dan sebagai kelas eksperimen kelas XI AP 2. Data diperoleh dengan metode tes dan metode observasi. Data hasil tes dianalisis menggunakan uji proporsi dan  uji t. Hasil penelitian menyatakan pembelajaran menggunakan metode drill berbantuan “Smart Mathematics Module” mencapai ketuntasan belajar siswa pada kemampuan pemecahan masalah serta rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan metode drill berbantuan “Smart Mathematics Module” lebih dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan metode ceramah berbantuan LKS. Dapat disimpulkan pembelajaran matematika menggunakan metode drill berbantuan “Smart Mathematics Module” efektif karena mencapai ketuntasan belajar pada kemampuan pemecahan masalah.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

ujme

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Unnes Journal of Mathematics Education (UJME) publishes research issues on mathematics education. The UJME processes manuscripts resulted from a research in mathematics education scope, which includes, but is not limited to the topics of didactic development research (DDR), research and development ...