Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 10, No 2 (2012)

Pemaknaan Siswa pada Materi Bias Jender di Sekolah

Tuti Widiastuti (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Bakrie)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2014

Abstract

Tulisan inidisusun berdasarkan penelitian yang bermaksud ingin mengetahuibiasjender dalam dunia pendidikan, khususnya dalam proses belajar-mengajar. Hal iniditunjukkan dengan gambaran bahwa perempuan dimarjinalisasi dalam peran domestik, dan telah diposisikan sebagaisosok yang lemah. Kerangka berpikir teoretismenggunakan studi budaya (culturalstudies) khususnya mengenai studi pemaknaan (reception). Metode penelitian yang digunakan adalah Triangulasi tipe the dominant-less dominant design, dimana paradigma dominan menggunakan pendekatan interpretif dengan dilengkapi data kuantitatif. Teknik analisis datamenggunakandeskriptifkualitatif, dimana data kuantitatif diperoleh dari populasi riset yaitu para siswa di SDN Cipinang Besar 01 Pagi, Jakarta Timur. Teknik sampling menggunakan stratified sampling, dibagi atas dua kelompok untuk setiap kelompok yaitu 36 responden,jadi total sampel adalah72 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan nilai kritis tabel t table untuk signifikansi 0,05 dan df=N – 1 = 35 adalah 1,691. Oleh karena nilait hasil investigasi adalah 0,03 maka null hypothesis gagal untuk ditolak. Dalam penelitian ini dijumpai pemaknaan teks dominan treading dimana siswa menggunakan kode-kode yang diterima umum dan tidak terjadi perbedaan penafsiran antara penulis dan pembaca. Halini jelas menunjukkan bahwa teks bahan ajar di sekolah belum menyediakan tempat untuk mode of expression dalam mensejajarkan perempuan dengan laki-laki.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi focuses on writings that contain current research and thinking in the fields of: Communication Science, including media and journalism studies, audio and audiovisual broadcasting studies, public relations studies and advertising studies; Design of Visual Communication; ...