Unnes Journal of Mathematics Education
Vol 4 No 1 (2015): Unnes Journal of Mathematics Education

PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN ILMIAH BERBANTUAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER JUJUR DAN PEMECAHAN MASALAH BAGI SISWA SMP

Zakaria, Feri (Unknown)
Hidayah, Isti (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan pendekatan ilmiah berbantuan LKPD dapat meningkatkan karakter jujur dan pemecahan masalah. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jati Kudus tahun pelajaran 2013/2014, dan sebagai sampel diambil dua kelas secara acak, satu kelas sebagai kelas eksperimen (pembelajaran dengan pendekatan ilmiah berbantuan LKPD), dan satu kelas lainnya sebagai kelas kontrol (pembelajaran dengan pendekatan ilmiah). Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji proporsi: satu pihak (kanan) untuk menghitung ketuntasan belajar dan menggunakan uji gain ternormalisasi untuk menghitung peningkatan karakter jujur dan keterampilan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukan (1) hasil tes kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen telah mencapai kriteria ketuntasan klasikal, (2) terdapat peningkatan karakter jujur pada kelas eksperimen, dan (3) terdapat peningkatan keterampilan pemecahan masalah pada kelas eksperimen. Simpulan, pembelajaran matematika dengan pendekatan ilmiah berbantuan LKPD dapat meningkatkan karakter jujur dan pemecahan masalah peserta didik.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

ujme

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Unnes Journal of Mathematics Education (UJME) publishes research issues on mathematics education. The UJME processes manuscripts resulted from a research in mathematics education scope, which includes, but is not limited to the topics of didactic development research (DDR), research and development ...