Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan pendekatan ilmiah berbantuan LKPD dapat meningkatkan karakter jujur dan pemecahan masalah. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jati Kudus tahun pelajaran 2013/2014, dan sebagai sampel diambil dua kelas secara acak, satu kelas sebagai kelas eksperimen (pembelajaran dengan pendekatan ilmiah berbantuan LKPD), dan satu kelas lainnya sebagai kelas kontrol (pembelajaran dengan pendekatan ilmiah). Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji proporsi: satu pihak (kanan) untuk menghitung ketuntasan belajar dan menggunakan uji gain ternormalisasi untuk menghitung peningkatan karakter jujur dan keterampilan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukan (1) hasil tes kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen telah mencapai kriteria ketuntasan klasikal, (2) terdapat peningkatan karakter jujur pada kelas eksperimen, dan (3) terdapat peningkatan keterampilan pemecahan masalah pada kelas eksperimen. Simpulan, pembelajaran matematika dengan pendekatan ilmiah berbantuan LKPD dapat meningkatkan karakter jujur dan pemecahan masalah peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015