Unnes Journal of Mathematics Education
Vol 4 No 1 (2015): Unnes Journal of Mathematics Education

STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN NOVICK DAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL SISWA KELAS VIII MATERI GEOMETRI

Suroyya, Dian Nailis (Unknown)
Rochmad, Rochmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah apakah rata-rata kemampuan spasial siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Novick lebih baik dari rata-rata kemampuan spasial siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction, mengetahui apakah rata-rata kemampuan spasial siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation lebih baik dari rata-rata kemampuan spasial siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction, mengetahui apakah rata-rata kemampuan spasial siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Novick lebih baik dari rata-rata kemampuan spasial siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation, dan mengetahui apakah peningkatan kemampuan spasial siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Novick lebih baik dari peningkatan kemampuan spasial siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs N 1 Kudus tahun pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Data diperoleh melalui metode tes dan data dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan spasial siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Novick dan rata-rata kemampuan spasial siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation lebih baik dari rata-rata kemampuan spasial siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction, rata-rata kemampuan spasial siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Novick kurang dari atau sama dengan kemampuan rata-rata kemampuan spasial siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation, dan peningkatan kemampuan spasial siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Novick kurang dari atau sama dengan peningkatan kemampuan spasial siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

ujme

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Unnes Journal of Mathematics Education (UJME) publishes research issues on mathematics education. The UJME processes manuscripts resulted from a research in mathematics education scope, which includes, but is not limited to the topics of didactic development research (DDR), research and development ...