Unnes Journal of Mathematics Education
Vol 4 No 2 (2015): Unnes Journal of Mathematics Education

STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN TRADITIONAL FLIPPED DENGAN PEER INSTRUCTION FLIPPED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Adhitiya, Ervan Nur (Unknown)
Prabowo, Ardhi (Unknown)
Arifudin, Riza (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII dengan pembelajaran Traditional Flipped dan Peer Instruction Flipped dapat mencapai KKM secara klasikal dan mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII dengan pembelajaran Peer Instruction Flipped lebih baik daripada pembelajaran Traditional Flipped pada materi keliling dan luas lingkaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ungaran tahun ajaran 2014/ 2015. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang terpilih yaitu kelas VIII G sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen 2. Metode pengumpulan data meliputi metode dokumentasi, metode tes, dan metode observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji proporsi, dan uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa pada kedua kelas eksperimen mencapai ketuntasan klasikal dan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model pembelajaran Peer Instruction Flipped lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model pembelajaran Traditional Flipped. Disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model Traditional Flipped dan Peer Instruction Flipped mencapai ketuntasan klasikal dan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan model Peer Instruction Flipped lebih baik daripada Traditional Flipped.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

ujme

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Unnes Journal of Mathematics Education (UJME) publishes research issues on mathematics education. The UJME processes manuscripts resulted from a research in mathematics education scope, which includes, but is not limited to the topics of didactic development research (DDR), research and development ...