Unnes Journal of Mathematics Education
Vol 4 No 2 (2015): Unnes Journal of Mathematics Education

ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP PADA MODEL PEMBELAJARAN TSTS DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC

Permata, Cintya Putri (Unknown)
Kartono, Kartono (Unknown)
Sunarmi, Sunarmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa pada model TSTS dengan pendekatan scientific dan menjelaskan fakor penghambat kemampuan komunikasi matematis. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu 6 siswa kelas VIII G SMP N 16 Semarang tahun 2014/2015. Metode yang digunakan adalah tes, wawancara, dokumentasi, dan lembar pengamatan. Hasil penelitian yang diperoleh untuk subjek kelompok tinggi cenderung mampu mencapai indikator mengekspresikan, mendemonstrasikan, menggambarkan, dan menginterpretasikan ide matematis serta kemampuan menggunakan istilah-istilah, notasi-notasi matematika, struktur-strukturnya untuk menyajikan ide matematis. Hambatan yang dimiliki subjek kelompok tinggi dari faktor kemampuan membaca dan menulis. Kelompok sedang cenderung mampu mencapai indikator kemampuan mendemonstrasikan, menggambarkan, mengevaluasi ide matematis, dan kemampuan menggunakan istilah-istilah, notasi-notasi matematika, struktur-strukturnya untuk menyajikan ide matematis. Hambatan yang dimiliki subjek kelompok sedang dari faktor kemampuan membaca, menulis, dan pemahaman matematik. Sedangkan kelompok rendah cenderung mampu mencapai indikator mendemostrasikan, menggambarkan, dan menginterpretasikan ide matematis serta memiliki hambatan dari faktor kemampuan membaca, menulis, pengetahuan prasyarat, dan pemahaman matematik.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

ujme

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Unnes Journal of Mathematics Education (UJME) publishes research issues on mathematics education. The UJME processes manuscripts resulted from a research in mathematics education scope, which includes, but is not limited to the topics of didactic development research (DDR), research and development ...