Unnes Journal of Mathematics Education
Vol 4 No 2 (2015): Unnes Journal of Mathematics Education

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII

Supriyanti, Supriyanti (Unknown)
Mastur, Zaenuri (Unknown)
Sugiman, Sugiman (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran dengan model ARIAS berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Slawi tahun pelajaran 2014/2015. Dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VII-9 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-8 sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan untuk memperoleh data yaitu dokumentasi, tes, angket, dan observasi. Data dianalisis menggunakan uji proporsi, uji beda dua rata-rata, dan regresi linear ganda. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan model pembelajaran ARIAS berbasis etnomatematika tuntas, kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori tuntas, rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran menggunakan model ARIAS berbasis etnomatematika lebih baik dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran menggunakan model ekspositori, keterampilan proses siswa dan sikap cinta budaya lokal siswa secara bersama berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Jadi disimpulkan bahwa model pembelajaran ARIAS berbasis etnomatematika efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

ujme

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Unnes Journal of Mathematics Education (UJME) publishes research issues on mathematics education. The UJME processes manuscripts resulted from a research in mathematics education scope, which includes, but is not limited to the topics of didactic development research (DDR), research and development ...