Unnes Journal of Mathematics Education
Vol 4 No 2 (2015): Unnes Journal of Mathematics Education

KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT-BASED LEARNING BERBASIS GQM TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS VII

Ambarwati, Ratna (Unknown)
Dwijanto, Dwijanto (Unknown)
Hendikawati, Putriaji (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Project­Based Learning berbasis GQM terhadap kemampuan komunikasi matematis dan percaya diri siswa, serta pengaruh percaya diri terhadap kemampuan komunikasi matematis. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII SMP Kesatrian 2 Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan yaitu: dokumentasi, tes dan skala sikap. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Project­Based Learning berbasis GQM terhadap kemampuan komunikasi matematis dan percaya diri siswa adalah efektif, yang ditunjukkan dengan (1) kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen mencapai KKM individual, (2) kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen mencapai KKM klasikal, (3) kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, (4) percaya diri siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, serta ada pengaruh percaya diri terhadap kemampuan komunikasi matematis yaitu sebesar 41,5%.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

ujme

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Unnes Journal of Mathematics Education (UJME) publishes research issues on mathematics education. The UJME processes manuscripts resulted from a research in mathematics education scope, which includes, but is not limited to the topics of didactic development research (DDR), research and development ...