Unnes Journal of Mathematics Education
Vol 4 No 3 (2015): Unnes Journal of Mathematics Education

PEMBELAJARAN MODEL REACT DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KERJASAMA

Wulandari, Novi Citra (Unknown)
Dwijanto, Dwijanto (Unknown)
Sunarmi, Sunarmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran model REACT dengan pendekatan Saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis dan kerjasama siswa kelas VIII. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Slawi tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling, sampel diambil dua kelas yaitu kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan VIII D sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji rata-rata, uji proporsi, uji perbedaan rata-rata, dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen mencapai ketuntasan belajar individu dan klasikal, hasil tes kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, dan ada pengaruh kerjasama terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran model REACT dengan pendekatan saintifik efektif terhadap kemampuan berpikir kritis dan kerjasama siswa kelas VIII.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

ujme

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Unnes Journal of Mathematics Education (UJME) publishes research issues on mathematics education. The UJME processes manuscripts resulted from a research in mathematics education scope, which includes, but is not limited to the topics of didactic development research (DDR), research and development ...