MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology
Vol 6, No 2 (2021): DECEMBER

Implementasi Model Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis Peserta Didik

Isti Muhlisotin (Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri)
M. Ivan Ariful Fathoni (Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri)
Anisa Fitri (Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis ialah kemampuan peserta didik dalam menguasai pendapat matematika berupa diagram, tabel, simbol atau media yang lainnya. Paradigma pembelajaran Think Talk Write (TTW) ialah satu metode diantara yang lain dipakai untuk mengajarkan peserta didik bagaimana berkomunikasi secara lisan dan tulisan. Tujuan penelitian ini yaitu melihat kemampuan komunikasi matematis tulis peserta didik menggunakan model TTW di SMA N 3 Bojonegoro. Penelitian ini memakai metode deskripsi kuantitatif. Populasi penelitian ialah semua peserta didik kelas X-IPS dan sampelnya X-IPS 3 yang di pilih dengan teknik random sampling. Sumber data berasal dari hasil tes peserta didik. Akumulasi data pada penelitian ini menggunkan tes tertulis dan teknik wawancara. Berdasarkan pembahasan dan hasil perhitungan setiap uji bahwa kemampuan komunikasi matematis tulis peserta didik lebih baik dengan model Think Talk Write (TTW). Oleh sebab itu model TTW dapat dijadikan alternative dalam proses belajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

MUST is a journal of mathematics education, science, and technology published by the Faculty of Teacher Training and Education, Muhammadiyah University of Surabaya. This journal focuses on the publication of research results and scientific articles on mathematics education, science, and technology. ...