MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology
Vol 6, No 2 (2021): DECEMBER

Peningkatan Kualitas Guru SMP di Kabupaten Kediri dalam Penyusunan Soal AKM melalui Pendampingan Intensif

Sediono Sediono (Universitas Airlangga)
M. Fariz Fadillah Mardianto (Universitas Airlangga, East Java)
Siti Maghfrotul Ulyah (Universitas Airlangga)
Christopher Andreas (Universitas Airlangga)
Helda Urbhani Rosa (Universitas Airlangga)
Naufal Ramadhan Al Akhwal Siregar (Universitas Airlangga)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2022

Abstract

Riset yang dilakukan Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) pada tahun 2018 menunjukkan bahwa kemampuan literasi dan matematika siswa di Indonesia cukup rendah. Kebijakan Ujian Nasional (UN) sebagai alat ukur evaluasi kualitas pendidikan di Indonesia dinilai perlu dievaluasi. Untuk itu, pemerintah menetapkan kebijakan baru pengganti UN yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan survei karakter yang mulai diterapkan tahun 2021. Namun, sebagian besar guru belum memiliki wawasan yang cukup mengenai AKM dan survei karakter. Oleh karena itu, diadakan kegiatan workshop dan pendampingan intensif mengenai peningkatan kompetensi guru dalam memahami dan merancang soal berbasis AKM kategori literasi, numerasi, dan survei karakter. Dalam hal ini, sasaran kegiatan tersebut adalah guru Matematika dan IPA tingkat SMP di Kabupaten Kediri. Lebih lanjut, kemampuan seluruh guru diukur sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan. Melalui pengujian hipotesis median dengan uji Wilcoxon pada dua sampel berpasangan, diperoleh kesimpulan bahwa terjadi peningkatan kompetensi yang signifikan pada seluruh peserta kegiatan dalam hal pemahaman, perancangan soal AKM kategori literasi, numerasi, dan survei karakter yang masing – masing meningkat sebesar 1.5; 31.5; 25.5; dan 26.5 poin. Melalui kegiatan ini, diharapkan kompetensi guru bertambah guna mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia yang merupakan target Sustainable Development Goals (SDGs).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

MUST is a journal of mathematics education, science, and technology published by the Faculty of Teacher Training and Education, Muhammadiyah University of Surabaya. This journal focuses on the publication of research results and scientific articles on mathematics education, science, and technology. ...