Sekolah memiliki peranan dan tanggung jawab yang sangat penting dalam mempersiapkan warga negara yang memiliki komitmen kuat dan konsisten untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pendidikan adalah salah satu bentuk perwujudan kebudayaan manusia yang dinamis dan syarat dengan perkembangan. Pelestarian nilai-nilai Pancasila di SMP Negeri 1 Pagerwojo dapat dilakukan melalui pembelajaran mata pelajaran PKn dengan cara menggunakan berbagai macam metode dan strategi dalam pembelajaran. Hal ini dilakukan oleh guru PKn dengan maksud agar apa yang telah dipelajari anak didik lebih mudah dimengerti dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari dimanapun ia berada. Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memperoleh dan merekonstruksi pemahaman, sedangkan data empiris dimanfaatkan untuk memperoleh dan merekonstruksi pemahaman yaitu data verbal atau data deskriptif. Kesimpulan pembelajaran PKn di Sekolah Menengah Pertama dengan pelestarian nilai-nilai Pancasila merupakan suatu satu kesatuan yang tak terpisahkan dan memiliki peranan yang strategis, sudah bisa dilaksanakan dengan baik yang bisa ditunjukan dengan sikap, perilaku yang dapat dilakukan dengan adanya berbagai macam kegiatan sekolah yang dilakukan oleh guru dan siswa baik dalam kegiatan guru sebagai figure yang dijadikan contoh maupun kegiatan ekstra kurikuler, kegiatan agama dan kegiatan-kegiatan sekolah lainya.
Copyrights © 2021