Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan penggunaan modul pembelajaran berbasis konstekstual pada materi pecahan siswa SD. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SDN 2 Tamansar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen. Dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran yang diamati dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan diperoleh data yaitu 93,75% pada kategori terlaksana dengan “sangat baik”. Selanjutnya Keefektifan modul pembelajaran matematika termasuk dalam kategori tinggi dan kemudian dikalikan 100% sehingga menghasilkan 82,16% yang di mana apabila di masukkan ke dalam data kualitatif termasuk ke dalam kriteria “efektif”.Abstract:This study aims to determine the effectiveness of the use of contextual-based learning modules on elementary students' fraction material. The research was conducted on fourth grade students of SDN 2 Tamansari. The type of research used is a quasi-experimental research. Judging from the implementation of learning observed from the observation sheet on the implementation of learning and data obtained, namely 93.75% in the "very good" category. Furthermore, the effectiveness of the mathematics learning module is included in the high category and then multiplied by 100% to produce 82.16% which when entered into qualitative data is included in the "effective" criteria.
Copyrights © 2022