Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 5, No 1: Januari 2022

Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Keka IV Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negri Pasar Baru 1 Kota Tangerang

Liana Irma Susanti (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2022

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan bagi setiap individu baik dikalangan anak-anak remaja, dewasa, ataupun lanjut usia sampai kapan dan dimanapun ia berada akan melekat sepanjang hayat. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran keterampilan berbicara siswa di kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan yang dialami siswa sekolah dasar dalam keterampilan berbicara siswa yaitu siswa merasa kesulitan dalam berbicara di depan kelas dan masih terbata bata untuk berbicara/bercerita. Waktu pelaksanaan pengambilan data dimulai pada 06 Agustus 2021 hingga selesai. Subjek dalam studi pendahuluan ini adalah siswa kelas IV D dan 1 guru kelas IV D SD Negeri Pasar Baru 1 Kota Tangerang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen ...