J-ESA (Jurnal Ekonomi Syariah)
Vol 2 No 1 (2019): Juni

PERAN PAJAK REKLAME DALAM PENINGKATAN PEREKONOMIAN DAERAH KOTA MAKASSAR (TINJAUAN DENGAN PENDEKATAN EKONOMI ISLAM)

Wahyunti, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2019

Abstract

Pajak reklame adalah salah satu pajak yang mempunyai peranan penting dan berpotensi dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Hasil penarikan pajak dan retribusi merupakan sumber pemasukan bagi PAD. Dinas pendapatan daerah yang penerimaannya melampaui target dan terjadinya peningkatan persentasi penerimaan pajak reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Makassar menunjukan pertumbuhan pajak reklame cukup signifikan terhadap peningkatan penerimaan PAD dan dapat meningkatkan perekonomian daerah. Pada tahun 2002 sampai 2003 penerimaan sebesar 100,09 persen dan tahun anggaran 2003 sampai 2004 jumlah target penerimaan sebesar 100,83 persen, sedangkan pada tahun anggaran 2004/2005 sebesar 101,20 persen. Jadi penerimaan pajak reklame dari tahun ke tahun walaupun selang beberapa persen. Dari persentase penerimaan pajak reklame membiayai beberapa bidang meliputi bidang pendidikan, kesehatan, pembangunan infrastruktur, penyelenggara penertiban umum dan ketentraman masyarakat.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jesa

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal J-ESA (Jurnal Ekonomi Syariah) adalah peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah hasil penelitian meliputi hasil kajian dan penelitian di bidang ekonomi Syariah (Lembaga dan Keuangan Syariah, E-Bisnis, Kewirausahaan dan Pengembangan UMKM). Jurnal J-ESA (Jurnal Ekonomi ...