J-ESA (Jurnal Ekonomi Syariah)
Vol 4 No 2 (2021): Desember

Analisis Strategi Relationship Marketing pada BMT NU Pragaan Kabupaten Sumenep

Achmad Tarmidzi Anas (Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan)
Ismail Ismail (Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis strategi relationship marketing pada BMT NU Pragaan Kabupaten Sumenep, (2) menganalisis implikasi relationship marketing pada BMT NU Pragaan Sumenep. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis peneltian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dibangun adalah: Pertama, menyediakan berbagai jenis produk secara kompleks. Kedua, menjalin silaturahmi dengan mengadakan pertemuan rutin di daerah-daerah prioraitas yang memiliki prospek besar dalam menjalankan pemasaran. Ketiga, mempererat hubungan serta menjalin kerjasama dengan beberapa instansi atau lembaga tertentu pada beberapa kegiatan tertentu untuk tetap menjaga hubungan dengan nasabah. Keempat, memberikan pelayanan jemput bola untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi. Kelima, menghadiri beberapa kegiatan lembaga pendidikan untuk menjaga hubungan kekeluargaan serta menjaga ikatan emosional dengan nasabah. Adapun implikasinya, mampu menarik minat nasabah untuk melakukan transaksi serta meningkatkan loyalitas nasabah lama terhadap BMT NU karena terbentuknya kepercayaan serta rasa nyaman dengan hubungan yang dibangun. Sehingga strategi relationship yang dibangun oleh BMT NU mampu meningkatkan citra positif terhadap masayarakat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jesa

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal J-ESA (Jurnal Ekonomi Syariah) adalah peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah hasil penelitian meliputi hasil kajian dan penelitian di bidang ekonomi Syariah (Lembaga dan Keuangan Syariah, E-Bisnis, Kewirausahaan dan Pengembangan UMKM). Jurnal J-ESA (Jurnal Ekonomi ...