Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 1, No 02 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Kalimat terhadap Kemampuan Menulis Narasi

Sarnan Sarnan (Fakultas Pascasarjana, Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukan: 1) Adanya pengaruh penguasaan kosakata dan penguasaan kalimat secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis narasi; 2) Adanya pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis narasi; 3) Adanya pengaruh penguasaan kalimat terhadap kemampuan menulis narasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey deskriptif dengan mengambil sampel sebanyak 75 siswa kelas VIII tahun ajaran 2017/2018 yang berasal dari dua SMP Swasta Kabupaten Tangerang. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata dan kalimat secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis narasi bahasa Indonesia siswa SMP Swasta Kabupaten Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan dan Fhitung = 9,266.  Secara bersama-sama variabel penguasaan kosakata dan penguasaan kalimat memberikan kontribusi sebesar 20,5% kepada kemampuan menulis narasi. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis narasi bahasa Indonesua siswa SMP Swasta Kabupateb Tengerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,011 < 0,05 dan thitung = -2,614. Kontribusi yang diberikan variabel penguasaan kosakata kepada kemampuan menulis narasi adalah sebesar 8,8%.  3) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kalimat terhadap kemampuan menulis narasi bahasa Indonesia siswa SMP Swasta Kabupaten Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai   Sig. 0,003 < 0,05 dan thitung = 3,058. Kontribusi yang diberikan variabel penguasaan kalimat kepada kemampuan menulis narasi bahasa Indonesia adalah sebesar 11,7%. Kata Kunci: penguasaan kosakata, penguasaan kalimat, dan kemampuan menulis narasi

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

diskursus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across ...