Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 1, No 01 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

Pengaruh Kemampuan Bernalar dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi

Sri Mulyati (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2019

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai pengaruh Kemampuan Bernalar dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa. Hipotesis penelitian yang diuji meliputi: 1) Pengaruh Kemampuan Bernalar dan Penguasaan Kosakata secara bersama-sama terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa. 2) Pengaruh Kemampuan Bernalar terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa. 3) Pengaruh Kemampuan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa. Penelitian ini menggunakan metode survei. Populasi adalah siswa kelas VIII MTs Assubkiyah dan MTs Nurul Ikhlas di Kecamatan Rawalumbu Kota Bekasi dengan besar sampel sebanyak 80 siswa, dengan teknik random proporsioanal. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu disajikan dalam bentuk tes kepada subjek penelitian, meliputi tes kemampuan bernalar, tes penguasaan kosakata, dan tes kemampuan menulis karangan Argumentasi. Analisis data menggunakan analysis of varians (ANOVA) dua jalur/arah.  Hasil pengujian hipotesis diperoleh simpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig 0,000 < 0,05 dan Fh = 69,186. 2). Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan bernalar terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig 0,000 < 0,05 dan th = 8,128. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig 0,002 < 0,05 dan th = 3,180.Kata Kunci: Kemampuan Bernalar, Penguasaan Kosakata, Kemampuan Menulis Karangan

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

diskursus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across ...