Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 3, No 02 (2020): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

Pengaruh Persepsi atas Media Pembelajaran dan Minat Baca terhadap Kemampuan Menulis Teks Editorial

Imas Kusmiati (Universitas Indraprasta PGRI)
Nurdin Nurdin (Universitas Indraprasta PGRI)
Masrin Masrin (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2021

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh persepsi atas media pembelajaran dan minat baca terhadap kemampuan menulis teks editorial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey dengan analisis regresi ganda. Sampel penelitian berjumlah 75 orang. Hasil penelitian ini menggambarkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran dan minat baca terhadap kemampuan menulis teks editorial siswa SMA Negeri di Kabupaten Sukabumi. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran terhadap kemampuan menulis teks editorial siswa. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan minat baca terhadap kemampuan menulis teks editorial. Kata kunci: media pembelajaran, minat baca , teks editorial

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

diskursus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across ...