Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 2, No 03 (2019): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Menyimak Bahasa Indonesia

Mia Sahrihatin (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai pengaruh media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar menyimak bahasa indonesia siswa (Eksperimen pada MTS di Kabupaten Bogor). Hipotesis penelitian yang diuji meliputi : 1) Pengaruh yang Signifikan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Menyimak Bahasa Indonesia. 2) Pengaruh yang Signifikan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Menyimak Bahasa Indonesia. 3) Pengaruh Interaktif yang Signifikan Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Menyimak Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen. Populasi adalah siswa kelas VII MTS  Wilayah Cijeruk Kabupaten Bogor dengan besar sampel sebanyak 40 siswa, dengan teknik sampling yang digunakan yaitu sampling acak sederhana. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes hasil belajar bahasa indonesia dalam bentuk pilihan ganda dengan pilihan soal sebanyak 40 soal. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan interaktif media pembelajaran dan motivasi belajar  terhadap hasil belajar menyimak  bahasa Indonesia siswa MTS di Kabupaten Bogor. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan  nilai sig 0,000 ( < 0,05) dan Fhitung9,293.  2) Terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran terhadap hasil belajar menyimak bahasa Indonesia siswa MTS di Kabupaten Bogor. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan  nilai sig =  0,000 ( < 0,05) dan thitung4,204. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar  terhadap hasil belajar menyimak bahasa Indonesia siswa MTS di Kabupaten Bogor. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai sig 0,002 (< 0,05) dan thitung 1,794.Kata Kunci: media pembelajaran, motivasi belajar, hasil belajar menyimak bahasa Indonesia.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

diskursus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across ...