Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 3, No 03 (2020): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

Nilai Pendidikan Karakter dan Psikologis Tokoh Utama dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara

Ahmad Syamsudin (Universitas Indraprasta PGRI)
E. Zaenal Arifin (Universitas Indraprasta PGRI)
Masrin Masrin (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dan aspek psikologis yang terdapat dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara. Pendidikan karakter adalah upaya yang dirancang dan dilaksanakan secara sistematis untuk menanamkan nilai-nilai perilaku peserta didik dan implemetasinya dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara yang berhubungan dengan pendidikan karakter  terdiri dari: (1) kerja keras, (2) sabar, (3) kasih sayang, (4) sportif, (5) displin, (6) jujur, (7) kerja sama, (8) tanggung jawab, (9) rasa ingin tahu, (10) gigih, dan (11) berani. Berdasarkan pembahasan id, ego, dan superego tokoh utama dalam Novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara dengan menggunakan teori psikoanalisis Sigmund Freud; maka disimpulkan bahwa aspek psikologis tokoh utama adalah suatu struktur yang terdiri atas unsur id, ego, dan superego yang saling berkaitan dalam membentuk berbagai tingkah laku tokoh utama.Kata kunci : Nilai-nilai karakter, psikoanalisis Sigmund Freud, dan novel. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

diskursus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across ...