Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 3, No 02 (2020): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi

Dedeh Juariah (Universitas Indraprasta PGRI)
E. Zaenal Arifin (Universitas Indraprasta PGRI)
Mamik Suendarti (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh minat baca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa SMP Negeri di Kabupaten Lebak 2) Untuk mengetahui pengaruh minat baca terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa SMP Negeri di Kabupaten Lebak 3) Untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa SMP Negeri di Kabupaten Lebak.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan teknik analisis korelasi dan regresi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan minat baca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa SMP Negeri di Kabupaten Lebak. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai Sig 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 31,147. Minat baca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama menyumbang sebesar 52,2% terhadap variasi kemampuan menulis teks eksposisi. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan minat baca terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa SMP Negeri di Kabupaten Lebak. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai Sig 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,672. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa SMP Negeri di Kabupaten Lebak. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai Sig 0,007 < 0,05 dan thitung = 2,819. Kata Kunci: Kemampuan Menulis Teks Eksposisi, Minat Baca, Penguasaan Kosakata.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

diskursus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across ...