Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 3, No 01 (2020): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi

Elisabeth Samini (Universitas Indraprasta PGRI)
Mamik Suendarti (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2020

Abstract

Tujuan Penenelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat baca dan  penguasaan kosakata secara bersama-sama  terhadap  kemampuan menulis narasi siswa SMP Negeri di Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode survei yang dilakukan pada sampel yang berjumlah  90 orang. Teknik Pengambilan sampel adalah dengan Proporsional Rundem Sampling. Hasil penelitian menyimpulkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan minat baca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis teks narasi siswa SMP Negeri di wilayah Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fh = 23,528, 2) Terdapat pengaruh yang signifikan minat baca terhadap kemampuan menulis teks narasi siswa SMP Negeri di wilayah Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,031 < 0,05 dan th = 2,187, 3) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis teks narasi siswa SMP Negeri di wilayah Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan th = 5,848.Kata Kunci: Minat Baca, Penguasaan Kosakata, dan Kemampuan Menulis Teks Narasi

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

diskursus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across ...