Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 1, No 2 (2021)

Hubungan Kompetensi Sosial Guru dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Gugus III Kecamatan Tanete Riattang Timur

Widya Hariani (UNM)
Abd Kadir, A (UNM)
Rahmawati Patta (UNM)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Abstrak; Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kompetensi sosial guru dalam prpses pembelajaran sehingga siswa memiliki motivasi belajar yang berbeda-beda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kompetensi Sosial Guru dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Gugus III Kecamatan Tanete Riattang Timur. Data hasil penelitian diperoleh dengan membagikan angket kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi sosial guru dengan motivasi belajar siswa SD Gugus III Kecamatan Tanete Riattang Timur dengan nilai 14thitung">  (5,19287) lebih besar (>) nilai   14ttabel">  (1,65694) yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kompetensi sosial guru akan berdampak terhadap motivasi belajar siswa. Jadi Ketika guru memiliki kompetensi sosial yang baik maka dapat membantu siswa dalam meningkatkan motivasi belajarnya. Selain itu, ketika guru memiliki kompetensi sosial yang baik diharapkan proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.. Dari kesimpulan tersebut, maka dampak yang dihasilkan dari penelitian ini diketahui bahwa kompetensi sosial guru akan meningkatkan motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...