Papua Journal Physics Education
Vol 2, No 1 (2021): PAPUA JOURNAL OF PHYSICS EDUCATION (PJPE)

PENGGUNAAN MATERI AJAR BERORIENTASI IPTEK DAN KEARIFAN LOKAL: STUDI EMPIRIK PADA MATERI TEKANAN DI LINGKUNGAN LAHAN BASAH

Muh. Ridha Pratama (Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Lambung Mangkurat)
Zainuddin Zainuddin (Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Lambung Mangkurat)
Misbah Misbah (Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan efektivitas materi ajar tekanan berorientasi iptek dan kearifan lokal. Selain itu penelitian ini juga menganlisis pencapaian iptek dan karakter siswa. Penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE. Subjek uji coba dalam penelitian ini ialah 30 siswa kelas VIII di salah satu SMPN di kota Banjarmasin. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi materi ajar, lembar keterlaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), tes hasil belajar, dan lembar penilaian diri. Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa: (1) validitas materi ajar memiliki kategori cukup baik, (2) kepraktisan materi ajar memiliki kategori sangat baik, (3) efektivitas materi ajar memiliki kategori sedang, dan (4) pencapaian iptek dan karakter memiliki kategori baik. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh simpulan bahwa materi ajar tekanan berorientasi iptek dan kearifan lokal layak digunakan dalam proses pembelajaran, baik dari aspek hasil belajar, pencapaian iptek, dan karakter siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PJPE

Publisher

Subject

Education

Description

Papua Journal of Physics Education (PJPE) menerbitkan hasil penelitian tentang pendidikan fisika yang memberi kontribusi pada pemahaman, pengembangan teori dan konsep keilmuan pendidikan fisika, dan pembelajaran ...