Pawiyatan
Vol 25 No 2 (2018): PAWIYATAN

MUSEUM SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH

nuryanti, nuryanti nur (Unknown)
Slamet, Slamet (Unknown)
Zusrotin, Zusrotin (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2018

Abstract

Museum sebagai sumber belajar dapat menjadi program pendidikan yang mendorong kompetensi, belajar menilai, berpikir kritis dan selanjutnya mendorong peserta didik berani/mahasiswa untuk memberikan sebuah tanggapan serta komentar terhadap sebuah peristiwa sejarah yang telah terjadi, sehingga proses pembelajaran terpusat pada peserta didik/mahasiswa. Permasalahan penelitian adalah: 1) bagaimana dukungan penggunaan koleksi museum dalam penerapan media pembelajaran sejarah?; 2) bagaimana langkah penggunaan museum sebagai media pembelajaran sejarah?; dan 3) kendala apa yang ditemui penerapan museum sebagai media pembelajaran sejarah dan bagaimana solusi pemecahannya? Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa penggunaan museum sebagai media pembelajaran sejarah masih kurang optimal, karena kurangnya publikasi dari pihak pengambil kebijakan serta berbagai kendala yang ditemukan. Hal ini berdampak pada tradisi lama guru/dosen dalam mengajar mengunakan metode konvensional, sehingga peserta didik/mahasiswa merasa bosan dan menganggap pelajaran sejarah sebagai pelajaran yang menghafal urutan peristiwa atau waktu.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pawiyatan

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Pawiyatan menyediakan sebuah platform untuk para dosen, peneliti, pelajar, praktisi dan akademisi untuk mempromosikan pengetahuan dan kredibilitas pada pendidikan. Jurnal yang diterbitkan dua kali setahun pada bulan januari dan juli berisi artikel-artikel yang terdiri dari makalah penelitian ...