Jurnal Sisfotek Global
Vol 4, No 2 (2014): JURNAL SISFOTEK GLOBAL

Sistem Informasi Pembayaran dan Pendaftaran Siswa Baru Berbasis Web

Prawido Utomo (STMIK Bina Sarana Global)
Dewi Ariyanti (STMIK Bina Sarana Global)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2014

Abstract

Kemajuan dan perkembangan teknologi informasi saat ini sangat pesat. Demikian pula halnya dengan dunia pendidikan yang selayaknya harus pula selalu mengalami perkembangan. SMK VOCTECH 2 adalah salah satu sekolah yang masih menggunakan sarana manual dalam kegiatan pendaftaran siswa baru. Siswa yang akan mendaftar harus datang langsung ke sekolah melakukan registrasi dan membayar secara langsung. Pencatatan dalam kegiatan pendaftaran siswa ini masih menggunakan buku besar sehingga datanya akan sulit ketika akan digunakan kembali. Penelitian tentang pendaftaran dan pembayaran biaya pendaftaran siswa baru ini dilakukan dengan beberapa metode yang pertama adalah metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi pustaka. Tahap kedua adalah perancangan sistem dengan UML Diagram (Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram dan Class Diagram), perancangan basis data dan perancangan menu antarmuka. Tahap ketiga adalah perancangan aplikasi dengan PHP. Tahap keempat adalah perancangan web dengan Dreamweaver. Dari penelitian yang dilakukan, menghasilkan sistem informasi pendaftaran dan pembayaran siswa baru berbasis web yang dapat digunakan di SMK VOCTECH 2 yang memiliki menu form pendaftaran, menu pendaftaran dan cara pembayaran dan menu laporan yang bermanfaat bagi sekolah.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

sisfotek

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Sisfotek Global is a peer-reviewed open access journal published twice a year (March and September), a scientific journal published by Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global. Jurnal Global Sisfotek aims to provide a national forum for researchers and professionals to share their ...