Cakrawala: Jurnal Pendidikan
Vol 3 No 5 (2008)

Strategi Pengembangan

Basukiyatno (Universitas Pancasakti Tegal)



Article Info

Publish Date
01 May 2007

Abstract

Strategi pengembangan merupakan tahap awal perencanaan manajemen sekolah. Untuk bisamendukung kegiatan sekolah dalam mencapai tujuannya, maka strategi pengembangan perludilakukan. Dengan demikian strategi pengembangan SMA Terbuka merupakan implementasidukungan agar pengelola SMA Terbuka dapat melaksanakan kegiatannya.Tujuan tesis ini adalah ingin mengetahui strategi pengembangan SMA Terbuka MogaKabupaten Pemalang yang memusatkan pada tiga masalah utama : (1) bagaimana strategipengembangan SMA Terbuka Moga, (2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan pengembangan SMATerbuka Moga dilaksanakan, (3) Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalamstrategi pengembangan SMA Terbuka Moga.Dalam penelitian ini digunakan pendekatna kualitatif yang berbentuk studi ekploratif, datadikumpulkan dengan cara wawancara, observasi dan dokumen. Sampel diambil dengan menggunakanteknik bola salju (Snaw ball sampling techniques) data diperoleh dengan cara triangulasi,pemeriksaan responden, dan penilaian sasaran penelitian. Tahapan penelitian (1) reduksi data, (2)penyajian data, (3) penarikan kesimpulan.Dalam strategi pengembangan SMA Terbuka sudah menunjukkan manajemen pendidikan yangprofessional, sesuai dengan konsep awal perintisan. Hal ini ditunjukkan dengan pelaksanaan kegiatanyang diikuti dengan perencanaan,baik dalam strategi penerimaan / perekrutan siswa,pengadministrasian, pelaksanaan kegiatan, dan penilaian serta pengawasan.Disarankan agar strategi pengembangan SMA Terbuka Moga dilakukan dengan lebih efektif danefisien. Dari pengelola di sekolah induknya, jajaran Dinas Pendidikan, masyarakat, orang tua siswa,dan seluruh stakeholder agar tetap menjalin koordinasi dengan baik.

Copyrights © 2008






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan (P-ISSN:1858-4497, E-ISSN: 2549-9300) is a scholarly journal aimed to provide a platform for both established and early-career researchers. This journal accepts research-based papers from the fields of Teaching and Learning; Language and Literacy Education; and ...