Cakrawala: Jurnal Pendidikan
Vol 9 No 1 (2015)

Hambatan Implementasi Kurikulum 2013 oleh Guru Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 1 Kota Tegal

Dino Rozan (Universitas Pancasakti Tegal)
Suriswo (Universitas Pancasakti Tegal)



Article Info

Publish Date
01 May 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1). kondisi sarana dan prasarana yang mendukung layanan BK dalamimplementasi kurikulum 2013 di SMP 01 Kota Tegal. (2). Dukungan kepala sekolah dan wakil kepala sekolah serta guruguru dalam implementasi kurikulum 2013 dalam layanan BK di SMP 01 Kota Tegal. (3). Materi layanan BK dalamimplementasi kurikulum 2013 di SMP 01 Kota Tegal.Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif, jenis penelitian ini adalahpenelitian kasus. Variabel atau subyek yang diteliti yaitu guru-guru BK dan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dansiswa kelas VII SMP Negeri 01 Kota Tegal. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Dalampenelitian ini peneliti menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data dan sumber data sebagai uji keabsahan data.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1). kondisisarana dan prasarana yang mendukung layanan BK dalam implementasi kurikulum 2013 di SMP 01 Kota Tegal adalahmenunjukkan cukup memadai (2). Dukungan kepala sekolah dan wakil kepala sekolah serta guru-guru dalam implementasikurikulum 2013 dalam layanan BK di SMP 01 Kota Tegal menunjukkan sangat apresiasif.(3). Materi layanan BK dalamimplementasi kurikulum 2013 di SMP 01 Kota Tegal menunjukkan sesuai dengan kemampuan dasar, bakat, dan minatpeserta didik, dan sudah sesuai dengan peminatan peserta didik. Hambatan-hambatan yang ditemukan dalam penelitianadalah (1).sarana layanan BK masih menggunakan kelas, (2). belum memiliki LCD khusus untuk guru BK. (3).terbatasnyadana dan sekolah tidak diperbolehkan memungut dana dari siswa, (4). materi layanan peminatan yang disampaikan kepadasiswa,dan guru BK mencari atau berusaha sendiri.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan (P-ISSN:1858-4497, E-ISSN: 2549-9300) is a scholarly journal aimed to provide a platform for both established and early-career researchers. This journal accepts research-based papers from the fields of Teaching and Learning; Language and Literacy Education; and ...