Media Publikasi Penelitian Kebidanan
Vol. 3 No. 1: MARET 2020

Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Anutapura Palu: Effect Of Service Quality On Satisfaction Of Inpatients At Anutapura Hammer General Hospital

Nuraiman Nuraiman (Akademi Kebidanan Graha Ananda Palu)
Diaz Capriani (Akademi Kebidanan Graha Ananda Palu)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2022

Abstract

Kualitas adalah totalitas dan wujud serta ciri dari suatu barang atau jasa yang dihasilkan, yang didalamnya terkandung sekaligus pengertian akan adanya rasa aman dan terpenuhinya kebutuhan para pengguna barang atau jasa yang dihasilkan tersebut. Terpenuhinya kebutuhan yang dibutuhkan pengguna jasa akan menimbulkan kepuasan tersendiri. Dimensi kualitas jasa yang berpengaruh terhadap kepuasan pengguna jasa terbagi menjadi 5 (lima) dimensi yaitu Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, dan Tangible. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dimensi Reliability, Responsiveness, Assurance,Emphaty, dan Tangible terhadap kepuasan pasien rawat inap Rumah Sakit Anutapura Palu. Jenis penelitian ini adalah analitik dengan menggunakan pendekatan cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien rawat inap Rumah Sakit Anutapura Palu. Jumlah sampel dalam penelitian ditentukan dengan menggunakan rumus estimasi proporsi dengan jumlah sampel sebanyak 81 responden, teknik pengambilan sampel secara accidental sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial terdapat 2 (dua) dimensi yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien yaitu dimensi Responsiveness ada dengan nilai t hitung> t tabel (3,228>1,992) dan dimensi Emphaty dengan nilai t hitung> t table (2,074>1,992). Secara simultan, Lima Dimensi Pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pasien dengan nilai probabilitas F hitung kurang dan 0,05 (0,000<0,05). Penelitian ini diharapkan memberikan referensi bagi petugas untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan khususnya pelayanan rawat inap sehingga kepuasan pasien semakin meningkat dan berpengaruh kepada loyalitas pelanggan terhadap jasa rumah sakit.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mppk

Publisher

Subject

Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Media Publikasi Penelitian Kebidanan periodic scientific journal that is published byInstitut Graha Ananda Palu. with ISSN Number: 2620-8717 (Online) | 2615-7624 (Print). Welcomes and invites original research article in midwifery, including : Birth | Pregnancy | Newborn | Adolescence | Family ...