Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan perangkat evaluasi kecakapan hidup untuk pembelajaran fisika, (2)mengukur validitas dan reliabilitas perangkat, (3) menentukan kepraktisan perangkat, dan (4) mendeskripsikanprofil kecakapan hidup siswa SMK. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development denganempat tahap yaitu studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan, dan uji coba produk. Analisis yang dilakukanmeliputi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji kepraktisan. Penelitian ini menghasilkan perangkat evaluasi yangterdiri atas pedoman evaluasi, pedoman penilaian, daftar komponen dan indikator yang akan dinilai, dan jenisinstrumen. Jenis instrumen terdiri dari lembar observasi dan lembar penilaian yang memuat indikator-indikatorkecakapan hidup pada komponen desicion making, wise use of resources, communication, accepting differences,self responsibility, dan problem solving. Hasil pengembangan perangkat evaluasi kecakapan hidup menunjukkannilai validitas 88,3%, koefisien reliabilitas 0,995 dan berada pada kriteria sangat tinggi. Pengembangan perangkatevaluasi juga menunjukkan bahwa tingkat kecakapan hidup siswa SMK lebih tinggi pada kecakapan hidup generikyang lebih berkaitan dengan aspek psikomotor dan afektif daripada aspek kognitif.
Copyrights © 2016