PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)
Vol. 1 No. 1 (2016)

PERANGKAT EVALUASI KECAKAPAN HIDUP DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMK

Yuni Arfiani (Universitas Pancasakti Tegal)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan perangkat evaluasi kecakapan hidup untuk pembelajaran fisika, (2)mengukur validitas dan reliabilitas perangkat, (3) menentukan kepraktisan perangkat, dan (4) mendeskripsikanprofil kecakapan hidup siswa SMK. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development denganempat tahap yaitu studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan, dan uji coba produk. Analisis yang dilakukanmeliputi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji kepraktisan. Penelitian ini menghasilkan perangkat evaluasi yangterdiri atas pedoman evaluasi, pedoman penilaian, daftar komponen dan indikator yang akan dinilai, dan jenisinstrumen. Jenis instrumen terdiri dari lembar observasi dan lembar penilaian yang memuat indikator-indikatorkecakapan hidup pada komponen desicion making, wise use of resources, communication, accepting differences,self responsibility, dan problem solving. Hasil pengembangan perangkat evaluasi kecakapan hidup menunjukkannilai validitas 88,3%, koefisien reliabilitas 0,995 dan berada pada kriteria sangat tinggi. Pengembangan perangkatevaluasi juga menunjukkan bahwa tingkat kecakapan hidup siswa SMK lebih tinggi pada kecakapan hidup generikyang lebih berkaitan dengan aspek psikomotor dan afektif daripada aspek kognitif.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

PSEJ

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

PSEJ contains a variety of scientific articles related to research in the field of Science Education and application of science (Biology, Chemistry, Physics). The scope of science education also includes study of Physics Education, Biology Education, Chemical Education and Environmental Education. ...