PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)
Vol. 2 No. 2 (2017)

Pengembangan Modul Fisika Dasar I Berbasis Literasi Sains

M. Aji Fathurrohman (Universitas Pancasakti Tegal)
Retna Kusuma Astuti (Universitas Pancasakti Tegal)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2017

Abstract

Hasil PISA (Programme for International Student Assessment) dari tahun 2000, sampai 2012 skor literasisains siswa Indonesia jauh di bawah rata-rata. Mahasiswa pendidikan IPA yang merupakan cikal bakalguru IPA SMP/MTs perlu ditingkatkan kualitasnya, dikarenakan setelah menjadi guru mereka mempunyaitangung jawab mampu meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Upaya peningkatan kualitasmahasiswa IPA dalam kemampuan literasi sains salah satunya dengan penggunaan modul Fisika Dasar Iberbasis literasi sains. Tujuan penelitian ini untuk menentukan kevalidan, tingkat keterbacaan dankeefektifan modul yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan subjekpenelitian yaitu mahasiswa pendidikan IPA Universitas Pancasakti Tegal. Langkah-langkah penelitianmeliputi analisis kebutuhan, tahap pengembangan, proses pembuatan modul Fisika Dasar I berbasis literasisains, validasi oleh validator, evaluasi dan penyempurnaan, uji coba produk, produk akhir modul FisikaDasar I berbasis literasi sains yang teruji kevalidannya, tingkat keterbacaan dan keefektifannya. Validasidilakukan oleh validator ahli. Ujicoba skala terbatas digunakan untuk menguji tingkat keterbacaan danujicoba skala luas menggunakan posttest only control design. Hasil penelitian berupa pengembangan modulFisika Dasar I berbasis literasi sains pokok bahasan Osilasi dan Gelombang memiliki kevalidan tinggi,tingkat keterbacaan mudah dipahami dan efektif untuk meningkatkan literasi sains mahasiswa programstudi Pendidikan IPA UPS Tegal

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

PSEJ

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

PSEJ contains a variety of scientific articles related to research in the field of Science Education and application of science (Biology, Chemistry, Physics). The scope of science education also includes study of Physics Education, Biology Education, Chemical Education and Environmental Education. ...