Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Rerata peningkatan motivasi (2) Rerata peningkatankemampuan kognitif, dan (3) Keterlaksanaan penerapan model pembelajaran kooperatif dengan tipe jigsawdalam pembelajaran IPA pada peserta didik PGSD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas(Classroom Action Research) yang mengadaptasi model Kurt Lewin yang dilakukan dalam tiga sikluspembelajaran. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket dan lembar observasi motivasi, dan lembarsoal serta lembar observasi keterlaksaana pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaranIPA dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat (1) Peserta didik lebih termotivasi dalamprose pembelajaran ditinjau dari hasil angket yaitu pada rerata gain skor tiap siklus I, II, dan III yaitu 0.32,0.58, 0.63 dengan kategori sedang, dan (2) Efektif dalam meningkatkan hasil belajar kemampuan kognitifpeserta didik ditinjau dari perolehan rerata gain skor pada tiap siklus I, II, dan III sebesar 0.49, 0.53, dan 0.6,dengan kategori sedang, (3) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran IPAterlaksana dengan baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018