DIKMAT: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 2, No 01 (2021): DIKMAT April 2021

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DALAM MATERI FUNGSI POLINOMIAL PADA MAHASISWA

Sindi Nur Diansyah (Unknown)
Azra Fauzi (STKIP Harapan Bima)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2021

Abstract

Artikel penelitian ini mendeskripsikan pembelajaran kooperatif dengan menggunakan model pembelajaran Students Teams Achievement Divisions (STAD) pada materi fungsi polinomial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualititatif deskriptif. Penelitian ini mengambil mahasiswa Pendidikan matematika Universitas Negeri Malang pada semester 1 di tahun 2019-2020 sebagai subjek. Terdapat tiga kegiatan dalam pembelajaran iniĀ  kegiatan yaitu: 1) pendahuluan, 2) inti, dan 3) penutup. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD digunakan dalam kegiatan inti, langkah-langkah pembelajarannya meliputi: pertama, penyajian materi; kedua, kegiatan kelompok; ketiga, penghargaan kelompok; dan terakhir, tes individu. Hasil penelitian ini menunjukkan tercapainya tujuan dari pemilihan model pembelajaran STAD, yang dapat dilihat dari kegiatan atau interaksi yang dilakukan antar sesama mahasiswa maupun mahasiswa dengan dosen selama proses pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Dikmat

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika yang diterbitkan oleh STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Oktober dan April (dua kali setahun). Jurnal ini menerbitkan artikel studi konseptual dan menganalisis hasil penelitian ...