DIKMAT: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 1, No 02 (2020): DIKMAT Oktober 2020

Penerapan Model Pembelajaran Diskusi Kelas dengan Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Azra Fauzi (STKIP Harapan Bima)
W Widia (STKIP Harapan Bima)
Syaiful Islami (STKIP Harapan Bima)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rancangan One Group Pretest-Posttest design dilaksanakan di SMP Negeri 2 Bolo di kelas VII-B yang terdiri dari 37 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 4 kali pertemuan yang pelaksanaannya sesuai dengan RPP yang telah dibuat oleh peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung, hasil belajar siswa, serta respon siswa. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diketahui bahwa banyaknya siswa yang mengalami peningkatan kemampuan berpikir kritis adalah 20 siswa dari 35 siswa yang diteliti atau sebesar 57,14%, aktivitas siswa yang paling menonjol adalah memperhatikan penjelasan guru atau siswa lain. Hasil belajar siswa belum tuntas dengan ketuntasan belajar sebesar 48,57%, sedangkan ketuntasan belajar klasikal tidak tercapai. Respon siswa setelah pembelajaran adalah positif. Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa maka pembelajaran diskusi kelas dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Dikmat

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika yang diterbitkan oleh STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Oktober dan April (dua kali setahun). Jurnal ini menerbitkan artikel studi konseptual dan menganalisis hasil penelitian ...