DIKMAT: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 2, No 01 (2021): DIKMAT April 2021

MENGATASI PROBLEMATIKA PENGETAHUAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL DENGAN PENDEKATAN ANTISIPASI DIDAKTIS MATERI POLA BILANGAN SISWA KELAS VIII DI SMP 13 MALANG

Nurlailatun Ramdani (STKIP Harapan Bima)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi problematika pengetahuan konseptual dan prosedural dengan pendekatan antisipasi didaktis pada materi pola bilangan siswa kelas VIII di SMP 13 Malang. Subjek penelitiannya yaitu 3 orang siswa kelas VIII C. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitis dengan pendekatan studi kasus klinis, instrument yang digunakan berupa tes uraian yang berjumlah empat soal kemudian dilakukan wawancara dan didokumentasi. Sebelum diberikan pendekatan antisipasi didaktis subjek penelitian mengalami problematika pengetahuan. Setelah diberikan pendekatan antisipasi didaktis, problematika yang dialami siswa dapat diminimalkan. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya pengetahuan konseptual dan prosedural matematika siswa. Sehingga melalui pendekatan antisipasi didaktis ini maka problematika pengetahuan konseptual dan prosedural  siswa pada materi pola bilangan dapat diatasi

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Dikmat

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika yang diterbitkan oleh STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Oktober dan April (dua kali setahun). Jurnal ini menerbitkan artikel studi konseptual dan menganalisis hasil penelitian ...