Kode : Jurnal Bahasa
Vol 10, No 2 (2021): Kode: Edisi Juni 2021

Media Mobile Learning Bermuatan Kearifan Lokal Dalam Menulis Cerita Pendek Kelas IX SMA

Adhetia Sukma Fitriani (Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Univesitas Negeri Semarang)
Haryadi Haryadi (Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Univesitas Negeri Semarang)
Rahayu Pristiwati (Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Univesitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2021

Abstract

Sumber belajar menjadi salah komponen pembelajaran yang akan mempengaruhi hasil evaluasi peserta didik. Keadaan lapangan menunjukkan rendahnya hasil evaluasi peserta didik. Hal itu disebabkan kurangnya sumber belajar, serta kebutuhan waktu peserta didik untuk memahami materi. Kurangnya sumber belajar mengakibatkan hasil evaluasi belajar dari peserta didik memiliki tingkat kesamaan, keragaman sehingga menghilangkan esensi serta kekreatifitasan dalam kompetensi menulis. Kurangnya waktu dalam memahami materi juga merupakan salah satu masalah umum yang kerap dihadapi. Perkembangan teknologi harus dimanfaatkan dalam bidang pendidikan untuk membantu menyelesaikan permasalahan, khususnya dalam keterampilan menyajikan teks cerita pendek, diantaranya adalah mobile learning. Pokok masalah yang dibahas pada paper ini adalah mendeskripsikan karakteristik sumber belajar menyajikan teks cerita pendek bermuatan kearifan lokal berbasis mobile learning, mendeskripsikan penyusunan prinsip-prinsip penyusunan mobile learning yang meliputi aspek teknis, aspek isi dan juga aspek desain. Hal ini dilakukan untuk menentukan sumber belajar dalam membantu permasalahan dalam bidang pendidikan, khususnya menyajikan teks cerita pendek dengan muatan kearifan lokal yang selaras dengan perkembangan teknologi industri 4.0. dan karakter abad 21. Oleh karenanya sangat diperlukan pengembangan media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman serta dengan menyeimbangkan nilai-nilai leluhurKATA KUNCI: Sumber Belajar, Menyajikan Teks Cerita Pendek, Mobile Learning, Kearifan Lokal

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kjb

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Kode adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember. Aspek kajian jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan ...