Kode : Jurnal Bahasa
Vol 8, No 4 (2019): KODE

ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SEPATU DAHLAN KARYA KHRISNA PABHICARA

Noviana Noviana (Unknown)
Ramadhan Saleh Lubis (Unknown)
Rizki Pebriyani Br. Bangun (Unknown)
Dahlia Rosida Tampubolon (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Novel “Sepatu Dahlan” karya Khrisna Pabhicara. Masalah dalam penelitian ini yaitu apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel “Sepatu Dahlan” karya Khrisna Pabhicara?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel “Sepatu Dahlan” karya Khrisna Pabhicara. Penelitian ini termasuk ke dalam teknik pustaka dan analisis isi (content analysis). Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teks novel “Sepatu Dahlan” karya Khrisna Phabicara, cetakan ketiga tahun 2012 dan diterbitkan oleh penerbit Noura Books Jakarta. Fokus penelitian ini adalah permasalahan yang berkaitan dengan pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan pendekatan pendidikan karakter yang mempertimbangkan pendidikan karakter anak-anak pada zaman modern melalui novel “Sepatu Dahlan” karya Khrisna Pabhicara. Yang terfokus pada membaca serta mencari data, mengelompokkan data, menganalisis data serta kesimpulan. Hasil penelitian ini tujukan kepada dunia pendidikan di sekolah yang pada saat ini mulai berkurangnya nilai pendidikan karakter pada anak.Kata kunci: Nilai-Nilai Pendidikan, Pendidikan Karakter, Novel “Sepatu Dahlan”.Penelitian ini berjudul Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Novel “Sepatu Dahlan” karya Khrisna Pabhicara. Masalah dalam penelitian ini yaitu apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel “Sepatu Dahlan” karya Khrisna Pabhicara?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel “Sepatu Dahlan” karya Khrisna Pabhicara. Penelitian ini termasuk ke dalam teknik pustaka dan analisis isi (content analysis). Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teks novel “Sepatu Dahlan” karya Khrisna Phabicara, cetakan ketiga tahun 2012 dan diterbitkan oleh penerbit Noura Books Jakarta. Fokus penelitian ini adalah permasalahan yang berkaitan dengan pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan pendekatan pendidikan karakter yang mempertimbangkan pendidikan karakter anak-anak pada zaman modern melalui novel “Sepatu Dahlan” karya Khrisna Pabhicara. Yang terfokus pada membaca serta mencari data, mengelompokkan data, menganalisis data serta kesimpulan. Hasil penelitian ini tujukan kepada dunia pendidikan di sekolah yang pada saat ini mulai berkurangnya nilai pendidikan karakter pada anak.Kata kunci: Nilai-Nilai Pendidikan, Pendidikan Karakter, Novel “Sepatu Dahlan”.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

kjb

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Kode adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember. Aspek kajian jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan ...