Rekayasa: Jurnal Penerapan Teknologi dan Pembelajaran
Vol 16, No 2 (2018): Desember 2018

PENDIDIKAN KONSERVASI BERBASIS JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) DI SEKOLAH DASAR SE-KELURAHAN SEKARAN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG

Kartijono, Nugroho Edi (Unknown)
Rahayuningsih, Margareta (Unknown)
Abdullah, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2019

Abstract

Kesadaran dan kepedulian lingkungan harus ditanamkan ke masyarakat sejak usia dini, salah satunya melalui pendidikan konservasi. Anak usia dini masih sangat sensitif secara psikologi, sehingga pembentukan sikap dan karakter sangat tepat dimulai pada usia ini. Dalam pembelajaran pendidikan konservasi, sumber belajar yang dapat digunakan sebagai alternatif adalah lingkungan di sekitar sekolah atau lingkungan di sekitar tempat tinggal siswa. Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dengan melakukan jelajah alam sekitar (JAS) diharapkan mampu memberikan pengalaman belajar yang konkret karena dapat mengamati langsung objek yang dipelajari. Tahapan kegiatan yang sudah dilakukan dalam kegiatan pengabdian ini adalah pengenalan materi pendidikan konservasi kepada guru dan siswa, pembelajaran pendidikan konservasi dengan memanfaatkan lingkungan sekolah menggunakan pendekatan JAS, pendampingan dan penyusunan modul pendidikankonservasi am:“Eksplorasi Panduan LapanganAl bagi.Rencana selanjutnya Penjelajah adalah pendampingan secara berkelanjutan terhadap SD di Kelurahan Sekaran dan sekolah lain dalam skala yang lebih luas.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

rekayasa

Publisher

Subject

Engineering

Description

REKAYASA journal publishes exciting articles from all fields of research and Engineering Science. The journals primary focus is on research practice and engineering processes utilizing biomass or factory waste. The engineering journal is an open-access peer-reviewed journal that publishes articles ...