Jurnal Pendidikan Pembelajaran & Penelitian Tindakan (JPPTK)
Vol 1 No 2 (2021): Volume 1 Nomor 2, November 2021

Peningkatan hasil belajar fisika pada materi keseimbangan benda melalui diskusi kelompok secara daring siswa kelas XI IPA-5

Yono Yono (SMA Negeri 1 Lumajang)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Rendahnya hasil belajar matapelajaran fisik pada materi kesimbangan benda merupakan masalah utama dalam penelitian ini. Tujuan penelitian adalah meningkatkan hasil belajar matapelajaran fisika materi keseimbangan benda melalui diskusi kelompok secara daring siswa kelas XI IPA-5.  Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan mengikuti tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa  kelas XI IPA-5 SMAN 1 Lumajang Jawa Timur yang terdiri dari 33 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis, analisis data menggunakan diskriptif kuanlitatif. Hasil penelitian menunjukkan, tes awal dari 33 siswa dengan nilai lebih dari dan sama dengan KKM sejumlah 8 siswa(24%), siklus I dari 33 siswa dengan nilai lebih dari dan sama dengan KKM sejumlah 15 siswa (45%), dan siklus II dari 33 siswa dengan nilai lebih dari dan sama dengan KKM sejumlah 22 siswa(67%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa  penggunaan metode diskusi kelompok secara daring dapat meningkatkan hasil belajar fisika  pada materi keseimbangan benda Kelas XI IPA-5 semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 di SMA Negeri 1 Lumajang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpptk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JPPTK: Jurnal Pendidikan Pembelajaran & Penelitian Tindakan adalah jurnal ilmiah nasional terbuka yang mengumpulkan diseminasi hasil khusus penelitian tindakan kelas/sekolah/best practice. JPPTK merupakan jurnal peer review terbitan PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) Kota Banjarbaru ...