Jurnal Pendidikan Pembelajaran & Penelitian Tindakan (JPPTK)
Vol 1 No 2 (2021): Volume 1 Nomor 2, November 2021

Perjuangan melayani kesempatan mengenyam pendidikan di pelosok Tanjung Lesung, Sintang, Kalimantan Barat

Sainawati Sainawati (SD Negeri 18 Lubuk Kedang)
Y. Touvan Juni Samodra (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Best Practice ini disusun atas dasar kerja nyata yang telah dilakukan selama bertahun tahun. Usaha untuk memberikan layanan pendidikan yang layak dari daereh terpencil merupakan usaha yang harus dimulai dari kesadaran akan pentingnya mendidik generasi yang akan dating. Kebutuhan akan adanya sekolah Di Desa Tanjung lesung, Sintang, Kalimantan Barat merupakan hal yang sangat penting. SD engeri 18 Lubuk Kedang memcoba untuk mengawali pendirian sekolah jauh agar melayani pendidikan terhadap masyarakat.  Sekolah jauh berdiri dengan bermodal dukungan masyarakat dengah hibah tanah dengan satu orang guru dan proses pembelajaran dilakukan di balai Desa. Terjadi lika liku selama sekolah jauh ini dilaksanakan sampai 7 tahun. Dukungan masyarakat, dewat adat, kepala dusun serta kepala desa menjadikan sekolah berkembang dengan baik. Akhirnya pada tahun 2020 sekolah jauh Tanjung Lesung di negerikan dengan SK nomor SK 55 Tahun 2020 termasuk dalam 10 sekolah lain yang statusnya dinegerikan. Dengan nama baru sekolah menjadi Sekolah Dasar Negeri 52 Tanjung Lesung.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpptk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JPPTK: Jurnal Pendidikan Pembelajaran & Penelitian Tindakan adalah jurnal ilmiah nasional terbuka yang mengumpulkan diseminasi hasil khusus penelitian tindakan kelas/sekolah/best practice. JPPTK merupakan jurnal peer review terbitan PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) Kota Banjarbaru ...