Jurnal Pendidikan Pembelajaran & Penelitian Tindakan (JPPTK)
Vol 1 No 2 (2021): Volume 1 Nomor 2, November 2021

Meningkatkan efektifitas pembelajaran praktik sistem kelistrikan power window melalui implementasi aplikasi autoplay modul interactive

Syaiful Arif (SMK Negeri 2 Amuntai)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Best practice pembuatan modul interaktif sistem power window melalui aplikasi autoPlay bertujuan untuk, 1) menyusun langkah langkah pembuatan modul interaktif, 2) mengetahui hasil uji coba penerapan modul interaktif di kelas XI dan 3) mengetahui efektifitas penerapan modul interaktif mata pelajaran praktikum Kelistrikan Otomotif. Pada tahap awal dilakukan identifikasi tujuan, analisis instruksional, karakteristik siswa, spesifikasi tujuan, pengembangan tes, dan strategi pembelajaran. Kemudian dilakukan penyusunan tes, pemilihan aplikasi media, pemilihan format, dan rancangan evaluasi formatif dan installasi perangkatnya. Pada tahap uji validasi terdiri dari ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan praktisi serta uji coba penerapannya kepada siswa. Hasil Validasi modul ditunjukkan oleh total skor yang diperoleh dari validator ahli materi dan ahli media dengan materi yang relevan sesuai kompetensi yang harus dikuasai peserta didik. Ketepatan penggunaan ejaan, ketepatan penggunaan istilah, isi materi jelas dan sistematis, mudah di pahami, dan efektifitas modul interaktif dapat dilihat dari hasil observasi dengan kriteria sangat baik. Modul interaktif praktikum sistem power window mendapatkan respon penilaian yang sangat baik yaitu sebesar 87,38%. Begitu juga penjabaran materi, menurut responden, penjabaran materi pada modul interaktif praktikum sistem power window mendapat penilaian 81,69% dengan kriteria sangat baik. oleh karena itu, pembelajaran menggunakan modul interaktif sangat menunjang efektifitas proses belajar mengajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpptk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JPPTK: Jurnal Pendidikan Pembelajaran & Penelitian Tindakan adalah jurnal ilmiah nasional terbuka yang mengumpulkan diseminasi hasil khusus penelitian tindakan kelas/sekolah/best practice. JPPTK merupakan jurnal peer review terbitan PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) Kota Banjarbaru ...