COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 1 No. 1 (2021): Special Issue COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Pengaruh Word of Mouth dan Brand Image Terhadap Pengambilan Keputusan Kredit Pada Debitur Kredit Usaha Rakyat BNI Magelang

Setyaningsih (Fakultas Ekonomi, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”, Yogyakarta)
Haddy Suprapto (Fakultas Ekonomi, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”, Yogyakarta.)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menguji dan menganalisis pengaruh word of mouth terhadap pengambilan keputusan kredit, 2) menguji dan menganalisis pengaruh brand image terhadap pengambilan keputusan kredit, 3) menguji dan menganalisis pengaruh brand image terhadap word of mouth. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanansi. Responden yang dijadikan sampel adalah 328 UMKM yaitu UMKM yang mengambil Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Bank BNI Cabang Magelang tahun 2020-2021. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Structural Equation Modelling dengan program Partial Least Square. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) word of mouth secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan, 2) brand image secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan, 3) brand image secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap word of mouth. Dari hasil tersebut maka penelitian ini memberikan beberapa saran terhadap manajemen Bank BNI cabang Magelang secara khusus dan lini bisnis yang lain secara umum bahwa peningkatan pengambilan keputusan kredit dapat diupayakan melalui brand image dan word of mouth. Selain itu, bank BNI harus mampu memanfaatkan WOM sebagai media promosi gratis bagi calon nasabah pengambil kredit karena sangat terbukti bahwa sebagian besar konsumen kredit bank BNI berasal dari refereal yang memanfaatkan gaya komunikasi WOM.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

comserva

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

The mission of COMSERVA : Indonesian Jurnal of Community Services and Devleopment as the result of community services activities. The activities are including the implementation of science development and applied technology to empower society and realize sustainable development. The journal ...