Perilaku merokok pada siswa tidak terlepas dari peran media iklan rokok salah satunya billboard yangdigunakan oleh industri rokok untuk memasarkan produk rokok. Data RISKESDAS dilaporkan perilakumerokok remaja usia 15 tahun keatas meningkat tahun 2013 sebanyak 36,3%. Kasus merokok di SMKNegeri 3 Palu 49 kasus tahun 2014. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dampak media iklan billboardrokok terhadap pengetahuan, sikap dan tindakan pada remaja di SMK Negeri 3 Palu. Jenis penelitiankualitatif menggunakan triangulasi sumber dengan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitianini yaitu 2 informan kunci, 1 informan tambahan dan 10 informan biasa. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa siswa SMK Negeri 3 Palu memiliki pengetahuan tentang rokok dari iklan yangterdapat di billboard rokok, sikap ingin merokok setelah melihat iklan pada billboard rokok, dan tindakanmembeli serta mengkonsumsi rokok yang diiklankan di billboard. Dampak dari media iklan billboardmemiliki pengaruh terhadap tindakan merokok siswa SMK Negeri 3 Palu. Hasil penelitian disarankankepada pihak sekolah untuk memberikan pendidikan yang efektif mengenai dampak buruk yangdiakibatkan karena merokok. Bagi pihak dinas terkait untuk meniadakan atau memperketat aturanperiklanan terhadap rokok, salah satunya iklan billboard rokok yang dapat berdampak bagi perilakuremaja serta pembatasan iklan, promosi, dan sponsor rokok secara komprehensif
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017