Jurnal Pengabdian Multidisiplin
Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Pengabdian Multidisiplin

Kolaborasi Dosen dan Guru dalam Pembuatan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Fisika Mesin Carnott dan Hukum Kirchoff

Wahyu Dian Laksanawati (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia)
Feli Cianda Adrin Burhendi (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia)
Ahmad Aldi (SMAS Bina Dharma Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia)
Nyai Suminten (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Tim Pengabdian Kepada Masyarakat kolaborasi antara dosen pendidikan fisika FKIP UHAMKA dengan guru fisika di SMA Bina Dharma ini, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi fisika Mesin Carnott dan Hukum Kirchoff. Manfaat dari kegiatan pengabdian masyarakat yaitu terbentuknya video pembelajaran fisika berbasis tim teaching daring pada tiap – tiap sekolah dan menjadi kegiatan yang berkesinambungan. Manfaat tambahan yang didapatkan dari kegiatan ini yaitu terbentuknya tim pembuatan video pembelajaran berikutnya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan pembuatan video secara bersama – sama antara dosen dan guru, kemudian melalui proses editing. Metode kegiatan yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah metode tim teaching secara daring. Evaluasi kegiatan yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah aspek pengetahuan dan minat, berdasarkan data angket kepada siswa didapat bahwa video pembelajaran hasil kolaborasi dosen dan guru memudahlan siswa saat pembelajaran daring dengan hasil responden 93,5 %.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

japamul

Publisher

Subject

Humanities Public Health Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Multidisiplin also known as JAPAMUL (Online ISSN 2775-2097) published by Kuras Institute in cooperation with Scidac Plus. JAPAMUL concerned and published articles related to the practice and processes of community service, engagement, and empowerment. Every article published ...