Berkala Ilmiah Pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2021): Berkala Ilmiah Pendidikan

Sejarah Sistem Pendidikan di Indonesia dari Masa ke Masa: Sebuah Studi Literatur

Katwan Nurwahyuni (Universitas Sriwijaya, Indonesia)
Hudaidah Hudaidah (Universitas Sriwijaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Artikel ini membahas tentang sejarah sistem Pendidikan dari masa ke masa. Dimana terdiri dari masa hindu budha, islam, Portugis, orde lama, orde baru dan reformasi. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk menguraikan bagaimana sistem Pendidikan pada setiap masa di Indonesia. Artikel ini ditulis dengan metode studi literatur. Studi literatur adalah metode yang dilakukan dengan mencari terlebih dahulu sumber-sumber bacaan yang relevan untuk kemudian dikumpulkan informasinya dan disusun dengan menggunakan pernyataan deskriptif. Seperti yang kita tahu bahwa pendidikan merupakan hal yang penting dalam kehidupan manusia karena Pendidikan dapat digunakan sebagai penunjang untuk hidup lebih baik di masa mendatang. Sebenarnya pendidikan telah dikenal sejak dahulu kala. Namun, Pendidikan pada zaman dahulu masih sangat buruk dan pelaksanaannya pun tidak merata. Pendidikan hanya diperuntukkan bagi kaum bangsawan dan orang berdarah biru sehingga rakyat biasa dianggap tidak layak untuk mendapat Pendidikan. Namun seiring berkembangnya zaman, pendidikan mulai berkembang dan menjadi lebih baik mengikuti zamannya. Perkembangan tersebut juga diikuti dengan perubahan-perubahan yang dinilai cocok dengan suatu masa. Tentu saja setiap masa memiliki ciri khas yang berbeda-beda dan memiliki beragam cerita menarik pada setiap masanya

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Berkala Ilmiah Pendidikan (Online ISSN 2775-5312) publishes original articles on the latest issues and trends occurring in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal ...