Media digital membuka peluang bagi upaya peningkatan daya saing berbagai komoditas di tingkat global, termasuk produk kakao. Indonesia adalah negara produsen kakao terbesar ketiga di dunia. Meski demikian, daya saing produk ekspor kakao Indonesia masih rendah. Untuk itu, dibutuhkan sinergi dan kebijakan yang tepat untuk mendorong peningkatan daya saing global produk kakao, terutama dengan memanfaatkan media digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja peran yang dapat dimanfaatkan dari media digital dalam rangka meningkatkan daya saing global produk kakao. Metode penelitian yang digunakan berupa kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media digital dapat menjadi alat analisis daya saing untuk optimalisasi keunggulan komparatif dan kompetitif produk kakao, optimalisasi pemasaran dan analisis pasar pada industri kakao dari hulu ke hilir, serta optimalisasi e-commerce untuk mencapai market exposure, menurunkan operating cost, melebarkan global reach, meningkatkan customer loyalty dan supply management industry kakao.
Copyrights © 2021