Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui kinerja pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Nusa dalam memberikan pelayanan publik kepada konsumen di wilayah Kecamatan Ranai Kabupaten Natuna yang mana masih kurang maksimal terutama dalam pelayanan kepada masyarakat sehingga tidak sesuai dengan standar pelayanan yang dilakukan. Penelitian menggunakan teori Dwiyanto yaitu Produktivitas dan Kualitas layanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah Deskriptif Kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan Teknik Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produktivitas dalam kinerja PDAM Tirta Nusa sangat rendah dilihat dari produksi pipa rusak, air macet, keruh dan bahkan meteran rusak. kualitas layanan PDAM Tirta Nusa kurang memuaskan sebab sarana dan prasarana tidak memadai untuk kenyamanan para pelanggan. Penelitian ini disarankan untuk kinerja PDAM Tirta Nusa dapat meningkatkan kinerjanya demi menciptakan sistem distribusi yang memuaskan, dengan cara meningkatkan atau memperbaiki pelayanan dan mempercepat penggantian pipa dan meter air yang rusak dengan cara mengalokasikan dana dan memperluas cakupan pelayanan. Kata Kunci: Produktivitas, Kualitas Pelayanan
Copyrights © 2019