Makna Denotasi dan Konotasi dalam Wacana Narasi Bahasa Daerah Makassar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan membedakan makna denotasi dan konotasi dalam wacana narasi bahasa Makassar siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMPN 24 Makassar. Populasinya bersifat homogen karena urutan kelasnya tidak didasarkan pada kemampuan akademik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik random sampling. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan acak, yatiu dengan mengundi nama kelas hingga didapatkan satu sampel yaitu siswa kelas VIII-4 sebanyak 33 orang sesuai dari jumlah populasi kelas. Dalam mendapatkan data yang akurat, maka digunakan jenis tes, yaitu tes isian dan tes essai sebagai instrumen penelitian. Kriteria penilaiannya berupa keterampilan siswa secara keseluruhan yang berada pada taraf rendah. Hasil penelitian diperoleh adalah siswa yang memperoleh nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sangat sedikit, hanya 14 orang dengan persentase 42% dan 19 siswa memperoleh 58 % di bawah KKM.
Copyrights © 2020